Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara Demo di Depan Kantor ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara Demo di Depan Kantor ...

Posted by On 4:34 PM

Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara Demo di Depan Kantor ...

Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara Demo di Depan Kantor PT NHM, Ini Tanggapan Pihak Manajemen

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam FKMMU melakukan demonstrasi di pintu masuk kantor PT Nusa Halmahera Mineral (NHM)

Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara Demo di Depan Kantor PT NHM, Ini Tanggapan Pihak ManajemenTribun manado / nielton duradoDemonstrasi di depan Kantor PT NHM

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Maluku Utara (FKMMU) melakukan demonstrasi di pintu masuk kantor PT Nusa Halmahera Mineral (NHM), di Kelurahan Kairagi Satu, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Rabu (3/10/2018).

Dalam orasinya mereka meminta agar PT NHM segera melakukan MoU dengan pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

"PT NHM sudah berada di tanah kami selama 21 tahun, tapi sampai saat ini tidak ada sepeserpun dana yang masuk ke kas daerah kami," ujar Rino Lamo, Koordinator Lapangan aksi tersebut.

Rino membeberkan menurut UU No 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan pemerintah daerah pada pasal 17 harusnya 32 persen iuran eksplorasi dan eksploitasi untuk kabupaten/kota tempat perusahaan tersebut.

"Namun sampai saat ini tidak pernah ada dana yang masuk ke Kabupaten Halmahera Barat. Mereka hanya datang dan merusak alam dan tanah kita," tegas dia.

Sementara itu, Esterlita Anu orator lainnya dalam aksi tersebut meminta agar pemerintah Provinsi Maluku Utara harus menghentikan proses eksplorasi dan produksi sampai masalah ini selesai.

"21 tahun sudah PT NHM sudah menjarah sumber daya alam kita tanpa membayar sepeserpun. Ini layaknya sebuah kejahatan pencu rian yang dibungkus dengan rapi," tegasnya.

Bayu Mahendara, Manager Pajak PT NHM saat menerima aspirasi para pendemo mengatakan bakal segera menyampaikan permintaan tersebut ke pemimpinnya.

"Saya bukanlah top management di sini, tapi aspirasi dari teman-teman sekalian akan saya sampaikan ke atasan kami," tegas dia.

Sedangkan untuk penandatangan MoU, Bayu mengatakan itu sepenuhnya adalah hak Pemerintah Daerah.

"Yang saya tahu kan sudah ada pembicaraan antara DPRD dan pemerintah pusat terkait hal ini. Tapi PT NHM akan selalu siap menerima bila ada aspirasi yang disampaikan pada kami," pungkasnya.

Sekedar diketahui, pada aksi tersebut sempat terjadi dorong-mendorong antara pendemo dengan aparat kepolisian.

Meski begitu aksi yang berjalan sekitar 2 jam ini berlangsung dengan aman. (nie)

  • < li>
Penulis: Nielton Durado Editor: David_Kusuma Ikuti kami di Fakta Terbaru Video Asusila UIN Bandung, Perekam Seorang Wanita hingga Suaranya 'Bocor' Sumber: Berita Maluku Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »