Rempah-Rempah Menempatkan Maluku Utara di Mata Dunia | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Rempah-Rempah Menempatkan Maluku Utara di Mata Dunia

Posted by On 4:29 AM

Rempah-Rempah Menempatkan Maluku Utara di Mata Dunia

SEJARAH Indonesia mencatat bahwa rempah-rempah menjadi daya tarik bangsa-bangsa lain. Dari dulu sampai sekarang Indonesia masih menempati posisi penting di mata dunia.

Menurut laman Destinasi Indonesia, jalur rempah-rempah Indonesia sama pentingnya dengan Jalur Sutera di Tiongkok. Sejak zaman kejayaan kerajaan-kerajaan besar di dunia hal itu juga sudah disebutkan. Apabila perjalanan rempah-rempah itu dipetakan, maka Indonesia menjadi pusat dari jalur rempah dunia.

Seperti sastrawan India, Kalidasa, menyebut istilah Dvipantara, sebagai kepulauan penghasil cengkih dalam kumpulan puisinya berjudul Raghuvamsa. Dari karya ini para ahli sejarah mempercayai kalau Dvipantara adalah Nusantara atau yang sekarang dikenal dengan Indonesia.

rempah-rempahCengkih menjadi komoditi yang lebih mahal ketimbang emas pada jaman dahulu. (Foto: Pixabay/Zichrini)

Catatan dari Jack Turner, yang mengutip katalog dari saudagar Italia Francesco Balducci Pegolotti, tertulis sedikitnya 188 jenis rempah Seperti kenari, jeruk, gula, kurma dan kapur barus. Namun, rempah paling menarik dan bernilai adalah cengkih (Syszygium aromaticum) dan pala (Myristica fragrans) termasuk bunga pala. Cengkih dan pala adalah komoditas sangat berharga dan nilainya lebih tinggi ketimbang emas.

Cengkih dan pala tumbuh di daerah barat Halmahera, yaitu Tidore, Ternate, Moti, Makian dan Bacan. Rempah-rempah dari Maluku kemudian diperdagangkan di Jawa dan Sumatra, yang membuat Kerajaan Sriwijaya hingga Banten menjadi pusat perdagangannya.

Rempah-rempah inilah yang kemudian membuat bangsa Eropa, seperti Portugal, Spanyol dan Belanda masuk ke Nusantara. Pada tahun-tahun kemudian menjadikan Nusantara sebagai daerah kolonial isasinya. (psr)

Sumber: Berita Maluku Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »