KPU Halsel Waring Partai Politik | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

KPU Halsel Waring Partai Politik

Posted by On 4:13 AM

KPU Halsel Waring Partai Politik

LABUHA â€" Pasca penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan (Halsel) memberikan warning kepada partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 tentang pencopotan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang terdaftar dalam DCS.

Komisioner KPU Halsel, Darmin Hi Hasim menjelaskan, ada poin penting di SK 961 yang dicover oleh KPU. Didalamnya termuat enam kondisi, pertama dimana hasil klarifikasi masyarakat bakal calon itu tidak memenuhi syarat, kedua KPU mendapatkan informasi tentang bakal calon yang diajukan partai politik adalah mantan narapidana narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan mantan narapidana korupsi.

“Jika itu, ada langsung kami eksekusi (coret),” tutur Darmin saat pleno penetapan DCS yang dipusatkan di Podopo Canga Matau Kompleks Wisata Hutan Karet, Sabtu (11/8/2018).

Lanjut Darmin, yang ketiga dimana setelah penetapan DCS bakal calon meninggal dunia, keempat bakal calon mengudurkan diri yang kelima itu bakal calon melakunan pencalonan secara ganda baik partai yang sama beda Dapil atau beda partai, kondisi keenam pasca penetapan DCS bakal calon ditetapkan sebagi terdakwa sesuai putusan hukum tetap dari pengadilan langsung dieksekusi.

“Enam kejadian itu bisa diganti, hanya satu yang tidak bisa diganti yaitu mengundurkan diri. Kalau yang laki-laki sudah tidak bisa diganti, kalau calon di DCS itu ada perempuan yang mundur diri dia bisa diganti dengan catatan jika dia mempengaruhi kouta 30 persen, kalau dia tidak mempengaruhi kouta 30 persen maka dia tidak bisa diganti,” ujar Darmin.

Dalam pleno tersebut, KPU Halsel menetapkan 480 bakal calon legislatif dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 yang merebut 30 kursi DPRD Halsel pada pemilu 2019 mendatang. (Ajo)

Gambar GravatarDahbudin BasriSumber: Google News | Liputan 24 Labuha

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »