40 Yachter Dunia Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Pulau ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

40 Yachter Dunia Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Pulau ...

Posted by On 8:43 PM

40 Yachter Dunia Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Pulau ...

JAKARTA â€" Daerah Nunukan di Kalimantan Utara menyimpan kekayaan alam dan budaya. Eksotisnya bumi Nunukan dieksplorasi oleh 40 yachter, Senin (27/8).

Para pelayar itu datang dari 7 negara. Mereka datang dalam rangkaian kegiatan Back To Down Under Rally (BTDUR) 2018. Event kali ini merupakan rangkaian Wonderful Sail To Indonesia 2018 yang terdiri dari 5 reli layar dunia yang diinisiasi Kementerian Pariwisata.

Para yachter i tu berasal dari Australia, New Zealand, Inggris, USA, Belanda, Malaysia, dan Singapura. Setibanya di Nunukan, mereka langsung mengeksplorasi tempat wisata. Seperti mengunjungi sentra budidaya rumput laut, berburu kuliner, mengunjungi Tugu Dwikora serta menikmati atraksi budaya.

Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II Kementerian Pariwisata, Sumarni mengatakan, kunjungan para yachter ini merupakan momentum untuk mempromosikan pariwisata Nunukan ke internasional. Nantinya di destinasi yang disinggahi, para yachter akan membelanjakan uangnya untuk menikmati kuliner, membeli cinderamata, menggunakan transportasi lokal, maupun untuk keperluan lainnya.

“Karena lama tinggalnya hingga 4 bulan, spending money wisatawan kapal yacht ini jauh lebih besar dibanding wisatawan biasa,” ungkap Sumarni yang didampingi Kepala Bidang Pemasaran Area III di Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono, Senin (27/8).

Ditambahkan Sumarni, semakin banyaknya yach t asing yang masuk, akan mendorong tumbuhnya investasi. Seperti untuk membangun fasilitas pendukung seperti marina dan yacht club. Belakangan fasilitas seperti ini mulai dibangun di beberapa tempat di Indonesia.

“Kegiatan wisata layar ini menjadi pemicu tumbuhnya pariwisata bahari daerah serta memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat setempat,” kata Sapto.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Syafarudin menyambut gembira rally kapal yacht ke Nunukan. Menurutnya, kapal-kapal berbendera asing tersebut menyinggahi Nunukan merupakan kesempatan emas bagi Nunukan mempromosikan potensi daerah.

“Ini kesempatan, bagaimana kami mempromosikan potensi daerah ini agar lebih dikenal, juga progres realisasi kunjungan wisman di Nunukan,” ungkap Syafarudin saat menerima rombongan peserta Back To Down Under Rally 2018 yang berlabuh di Dermaga PLBL Liem Hie Djung, Kabupaten Nunukan.

Syafarudin berharap, Back to down under Rally menjadi agenda kunjungan tahunan untuk menarik lebih banyak lagi wisman ke Nunukan, khususnya wisata bahari.

Sementara itu, Raymond T Lesmana Anggota Bidang II Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar menjelaskan, BTDUR 2018 merupakan Wisata Layar yang menarik. Sebab, rally ini menyinggahi destinasi wisata bahari dengan beragam keunikan berbeda. Selain itu rally memakan waktu cukup lama dengan melibatkan tiga puluh kapal yacht dari berbagai negara.

“BTDUR 2018 ini menyinggahi sebelas destinasi wisata bahari melalui entry port Nunukan pada tanggal 26 Agustus 2018, selanjutnya menuju Berau, Toli-Toli, Buol, Soronde, Manado, Bitung, Jailolo, Ternate, Labuha dan berakhir di Namlea pada 10 Oktober 2018,” jelasnya.
Wonderful Sail to Indonesia 2018 menjadi branding wisata layar yang prestisius bagi Indonesia di tingkat dunia, yang diikuti 120 yacht (kapal layar) dari 15 negara.
“Indonesia punya branding wisata layar y ang prestisius yaitu Wonderful Sail To Indonesia yang terdiri dari 5 reli layar dunia, Wonderful Sail Anambas To Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back To Down Under Rally, Wonderful Sail2Indonesia, dan Wonderful Sail Indonesia,” kata Raymond.

Peningkatan pelayanan memang menjadi nyawa dari wisata yacht. Hal ini diamini Mempar Arief Yahya. “Mulai dari Clearance in and out, Custom, Immigation Stamp Passport, karantina dan Syahbandar harus all out memback up ini bila ingin wisata yacht Indonesia berkompetisi dengan global player lainnya,” kata Arief Yahya.

“Sekarang sudah jauh lebih baik, tinggal klik http://yachters-indonesia.id dan mengisi form yang tersedia, yachter sudah bisa masuk ke Indonesia. It’s easy, kita akan perbaiki terus pelayanan” papar Menpar Arief.(*)

Most Popular

Hiburan

Ucapan Mesra Bella Saphira untuk Sang Jenderal

Internasional

31 Tahun Menghilang, Jasad Pendaki Wanita Ini Ditemukan Utuh di Elbrus

Politik

Klaim UYM Gabung ke KIK, Foto Sandiaga di IG Bungkam Ma’ruf Amin

Internasional

Diprotes Ribuan Massa, Wilders Batalkan Kontes Kartun Nabi Muhammad

Hiburan

Anggun, Pamer Pernikahan Yang Keempat

Makassar

5 Kepala Daerah di Sulsel Dapat Peringatan Soal e-KTP

Sulsel

Bobol Rumah Mantan PSM, Satu Boks Berl ian Raib Digondol Maling

Sulsel

Dua Pemuda Diamankan Saat Transaksi, Barang Buktinya Bikin Mencengankan

Pertanian

Kementan: Pengembangan Komoditas Hortikultura Diarahkan Berkualitas Ekspor dan Mensejahterakan Petani

Makassar

Pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka, Wawali Makassar: Buktikan, Kalian Siap Jadi Pemimpin

To Top Do NOT follow this link or you will be banned from the site!Sumber: Google News | Liputan 24 Labuha

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »