Rencana Muscab APDESI Halsel Dinilai Cacat Hukum | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Rencana Muscab APDESI Halsel Dinilai Cacat Hukum

Posted by On 7:12 PM

Rencana Muscab APDESI Halsel Dinilai Cacat Hukum

LABUHA â€" Rencana Musyawarah Cabang (Muscab) Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang akan digelar Selasa 17 Juni besok, oleh kepengurusan versi Plt Ketua APDESI Halsel Irham Hanfi dan Sekretaris Mamud Abubakar Malayu, nilai tidak memiliki legalitas hukum atau cacat hukum. Hal disampaikan Muin Abdurahim kepada KabarMalut melalui sambungan telepon, Senin (16/7/2018).

Muin yang juga Kepala Desa Ngute-Ngute ini mengaku, kepengurusan APDESI Cabang Halsel yang diakui adalah dirinya dan Idru Ali, sesuai Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh APDSI Provinsi Maluku Utara pada bulan November 2017 lalu. Dalam SK tersebut tercantum Plt Ketua APDESI Cabang Halsel yaitu Kepala Desa Kokotu, Idrus Ali sedang Sekretaris Muin Abdurahim.

Menurutnya, kepengurusan Irham Hanafi dan Mahmud Abubakar Malayu hanya mengakui diri mereka sebagai Plt Ketua dan Sekretaris APDESI Halsel.

“Jadi keberadaan mereka (Irham dan Mahmud) untuk melaksanakan Musyawarah Cabang menurut saya itu keliru, karena yang dibuat oleh teman-teman itu tidak punya legalitas. Saya pernah bilang ke mereka semestinya Muscab itu ditunda karena keluar dari mekanisme,” tutur Muin.

Sambung Muin, beberapa kepala desa yang ikut calon sebagi Ketua APDESI juga tidak memenuhi syarat pencalonan, sebab dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/RT) APDESI minimal 1 periode menjabat sebagai kepala desa.

“Beberapa teman-teman yang mau calon ini belum menjabat satu periode. Silahkan mereka bertarung tapi dengan sendirinya akan gugur,”ungkapnya.

Terpisah Ketua Komisi I DPRD Halsel, Abdullah Madjid mengingatkan kepada pengurus APDESI agar duduk bersama dan menyelesaikan persoalan yang sementara dihadapi.

“Sebaikanya dibicarakan baik-baik sehingga tidak ada masa lah dikemudian hari,” ucap Abdullah. (Ajo)

Gambar GravatarDahbudin BasriSumber: Google News | Liputan 24 Labuha

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »