Stok Darah PMI Ternate Menipis | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Stok Darah PMI Ternate Menipis

Posted by On 9:39 AM

Stok Darah PMI Ternate Menipis

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM â€"- Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) RSU Chasan Boesoerie Ternate, Maluku Utara (Malut), hingga menjelang lebaran ini menipis terutama untuk stok darah golongan A dan AB.

“Kami telah sampaikan ke keluarga pasien yang membutuhkan darah saat menjalani operasi sebaiknya membawa keluarga sesuai darah yang dibutuhkan untuk didonorkan, karena stok saat ini menipis,” kata Koordinator Pencari Pelestarian Donor Darah Sukarela, Unit Donor Darah PMI Malut, Sunita U Gani di Ternate, Jumat.

Pihaknya menyatakan, saat ini pasien yang dirawat di RSUD Chasan Boesoerie yang membutuhkan darah telah diimbau untuk membawa pasien yang memiliki golongan darah yang sama, kecuali untuk golongan darah A masih tersedia di Unit Donor Darah.

Dia mengatakan,selama Ramadan menipis dan tersisa 100 kantong, seharusnya minimal di atas 300 kantong darah untuk kebutuhan selama sebulan.

Oleh kar ena itu, stok darah tersebut hanya diberikan kepada pasien yang emergency, untuk yang tidak emergency sangat disarankan untuk membawa pendonor pengganti dari keluarga pasien.

Dia mengakui, pihaknya, Stok darah tersebut merupakan hasil donor sebelum Ramadan dari sejumlah instansi di Malut, seperti dari karyawan Bank Indonesia, Kejati Malut dan TNI-AD.

Ia mengatakan, setiap Ramadan memang stok darah di PMI selalu terbatas karena masyarakat khususnya umat Muslim tidak mau mendonorkan darahnya karena sedang melaksanakan ibadah puasa.

Bahkan, PMI Malut sebenarnya mengantisipasi hal tersebut dengan mengupayakan donor darah sebelum Ramadan. PMI bekerja sama dengan sejumlah pihak.

Namun, karena adanya permintaan darah dari RSUD Chasan Boesoerie Ternate dan sejumlah RSUD lainnya di Ternate, maka stok tersebut terus berkurang dan saat ini tersisa 70 kantong.

“Kami juga berharap agar usai Ramadan nanti, permintaan darah dari RSUD tidak banyak, sehingga stok darah yang ada di PMI itu bisa mencukupi untuk memenuhi kebutuhan stok darah bagi pasien lainnya,” kata Sunita.

Upaya lain yang dilakukan PMI untuk mengatasi menipisnya stok darah tersebut adalah mendorong keluarga pasien yang membutuhkan darah untuk mendatangkan donor darah pengganti dari keluarga pasien.

Dia menambahkan, PMI akan kembali melakukan kegiatan donor darah setelah Idul Fitri dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti instansi pemerintah dan swasta agar stok darah di Unit Donor Darah RSUD Chasan Boesoerie bisa tersedia.

Berita Lainnya Pangdam XVI Pattimura: TNI Kawal Pilkada Maluku dan Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Sedikitnya 3.000 prajurit TNI akan diterjunkan untuk mengamankan pilkada serentak 2018 di Maluku dan Maluku Utara. Pangdam ... BPJS Ketenagakerjaan-Pemkab Halmahera Selatan Jalin Kerjasama LABUHA, TAJUKTIMUR.COM â€"- BPJS Ketenagakerjaan KCP Halmahera Selatan (Halsel) dan pemerintah kabupaten setempat menggelar Rapat Kerjasama Operasional,... Tidak Masuk DPT Pilgub? Ini Penjelasan KPU Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) mendistribusikan kertas surat suara untuk pemilihan gubenur (pilgub) Malut... Penukaran Uang di Maluku Utara Capai Rp500 Miliar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) menyatakan, penukaran uang tunai pada pekan ketiga Ramadan mencapai Rp5... Membludak! Relawan MK-MAJU Hadiri Rapat Konsolidasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM -- Ribuan relawan pendukung calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku Utara Muhammad Kasuba dan Abdul Madjid Husen (MK...

Berita Pilihan

BAZNAS KOTA TERNATE: Potensi Zakat di Ternate 84 Miliar Rupiah/Tahun Stok BBM, Antisipasi Kondisi Ekstrim Ratusan ASN Pemprov Papua Ikut Donor Darah Kapolda Maluku Utara Sidak Stok Bahan Pokok Dinkes Papua Segera Gelar Sayembara Putus Nikotin atau Rokok Stok Beras Bulog untuk Maluku dan Maluku Utara Aman Ternate Minta Tambahan Vaksin Difteri Kodim Ternate Siap Gelar Seribu Operasi Katarak Gratis Dinkes Ternate Tekan Jumlah Penderita Diabetes Disperindag Maluku Tengah Awasi Stok BawangSumber: Google News | Liputan 24 Ternate

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »