Pemuda di Ternate Lestarikan Tradisi Gendang Sahur | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pemuda di Ternate Lestarikan Tradisi Gendang Sahur

Posted by On 6:23 AM

Pemuda di Ternate Lestarikan Tradisi Gendang Sahur

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM â€" Sejumlah pemuda di Ternate, Maluku Utara memanfaatkan momentum Ramadhan 1439 Hijriah dengan melestarikan tradisi gendang sahur untuk menghibur kaum Muslim saat waktu makan sahur.

Anggota DPRD Kota Ternate, Hariyanto Hanadar di Ternate, Minggu mengatakan, gendang sahur adalah salah satu kesenian tradisional bernuansa Islami di Ternate yang sudah ada sejak lama sebagai kreativitas orang muda.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja untuk membangunkan warga makan sahur pada setiap malam buan Ramadhan.

Dia mengatakan, tradisi gendang sahur tidak hanya memiliki nilai seni, tapi juga memiliki nilai sosial yang sangat tinggi, karena sangat membantu warga agar tidak terlambat makan sahur.

Selain itu, kata Hariyanto, para pemuda memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk mencari dana guna pengembangan tradisi gendang sahur dengan membeli alat musi k yang dibutuhkan dalam gendang sahur tersebut

Namun, masyarakat harus menjaga keaslian dari tradisi gendang sahur tersebut, karena ada kecendrungan tradisi itu disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Sementara itu, Kesultanan Ternate menggelar Festival gendang sahur selama Ramadhan guna menambah semarak Ramadhan sekaligus wisata religi bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut menguatkan ingatan pada kekayaan budaya leluhur yang sarat akan nilai-nilai agama dan norma, mengikat erat tali persaudaraan mengedepankan ukhuwah Islamiyah serta cinta pada tanah, bangsa dan negara di atas kepentingan individu, suku dan golongan tertentu.

Ketua Panitia FRP 2018, Farida Abbas ketika dihubungi mengatakan, selain gendang sahur, festival yang dilaksanakan ada beberapa mata lomba diantaranya, lomba tilawah Al Quran, adzan, Hafiz Al Quran, Dai cilik, kaligrafi, kasida, tarian samrah, fashion bisana muslim dan gendang sahur serta fotografi dengan jumlah peserta kurang lebih 2 10 orang.

Berita Lainnya Warga Bintuni Serahkan Enam Satwa Dilindungi Kepada Polisi MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM -- Tiga warga di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyerahkan secara suka rela sejumlah satwa langka dan dilindungi kep... Pemprov Papua Barat Yakin Semua Penduduk Akan Terdaftar Peserta JKN-KIS MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM -- Pemerintah Provinsi Papua Barat optimistis pada tahun 2019, 100 persen penduduk di daerah tersebut terdaftar sebagai pese... Gubernur: Perdamaian Adat Akhiri Sengketa Ibu Kota Maybrat MANOKWARI, TAJUKTIMUR.COM -- Proses perdamaian adat yang melibatkan seluruh suku di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, akan dilaksanakan untuk mengakhiri... Bawaslu Malut: Politik Uang Bisa Dipidana Tiga Tahun TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut), mengingatkan masyarakat utamanya tim sukses pasangan ... Bandara Babullah Siapkan Posko Terpadu Mudik TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara, membentuk posko terpadu untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang mengguna...

Berita Pilihan

Pemkot Ternate Gelar Festival Ela-Ela Dinkes Papua Segera Gelar Sayembara Putus Nikotin atau Rokok Kesultanan ternate bersama pemuda malut gelar aksi solidaritas untuk rohingya Larangan Merokok, Tradisi Leluhur Warga Bido Hingga Kini Kemenpora: Ternate Masuk Sebagai Kota Layak Pemuda 2017 Pemkab Maluku Tenggara Lestarik an Lomba Perahu Belang Negeri Soya di Ambon Lestarikan Budaya Adat Kementerian Pemuda dan Olah Raga Dorong Pemuda Di Maluku Berwirausaha Aksi Peduli Asmat di Manokwari Kumpulkan Rp34 Juta Ramadhan Nanti, Disbudpar Ternate Ajak Wisatawan Berwisata religiSumber: Google News | Liputan 24 Ternate

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »