Khalisa Soetomo Tjan, Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Khalisa Soetomo Tjan, Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal ...

Posted by On 11:03 AM

Khalisa Soetomo Tjan, Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal ...

Berita Surabaya

Khalisa Soetomo Tjan, Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal Dunia di RSUD Dr Soetomo

Setelah sempat menjalani operasi pemisahan, bayi kembar siam asal Ternate meninggal di RSUD Dr Soetomo

Khalisa Soetomo Tjan, Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal Dunia di RSUD Dr Soetomosurya/istimewaBayi kembar asal Ternate yang dirujuk ke RSUD Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (28/4/2018).

SURYA.co.id | SURABAYA - Khalisa Soetomo Tjan, bayi kembar siam asal Ternate meninggal dunia pukul 00.26, . Jumat (22/6), di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya.

Penyebab meninggalnya Khalisa karena mengalami gagal fungsi multiorgan.

"Khali sa meninggal setelah sebulan setelah dilakukan operasi pemisahan. Penyebabnya karena gagal fungsi multi organ, infeksi berat, dan respiratory dependent," kata dr Agus Harianto, Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu RSUD Dr Soetomo.

Agus melanjutkan, setelah menjalani operasi pemisahan kondisi Khalisa berangsur membaik. Namun, seusai lebaran kondisi Khalisa mengalami penurunan. Bakteri ganas yang termasuk golongan ESBL (Extended Spectrum Beta Lactamase) menyerang organ darah, paru-paru dan tenggorokannya.

"Bakteri itu menyerang melalui alat bantu pernapasan. Sedangkan Khalisa tidak bisa lepas dari alat bantu pernapasan. Karena jika dilepas nafasnya akan menurun,'' ujar Agus.

Agus mengatakan, Tim dokter telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Khalisa.

"Kami telah memberikan antibiotik, albumin, dan telah dipasang respirasi untuk menolong Khalisa," katanya.

Agus menerangkan, sebelumnya tim dokter me lakukan operasi pemisahan penyelamatan urgent kepada bayi kembar siam Khalisa dan Khanisa. Operasi pemisahan dilakukan tanggal 23 Mei lalu. Namun, setelah 3 hari pasca operasi saudara khalisa, Khanisa meninggal dunia karena

Kelainan bawaan yang dialami yakni kondisi PDA (Pembuluh Darah Aorta) yang harusnya tertutup malah terbuka besar dan atrial septal defect (kebocoran bilik jantung).

"Kalau tidak dipisahkan akan meninggal dua-duanya. Justru operasi tersebut untuk menyelamatkan kedua-duanya. Kemungkinan terburuknya jika Khanisa meninggal, Khalisa bisa tetap hidup,'' kata Agus.

Agus mengungkapkan, Khalisa akan dimakamkan di Ternate. Tim dokter telah mengawal keberangkatan jenazah khalisa pada pukul 18.00, Jumat (22/6).

"Jenazah Khalisa telah diawetkan dan disucikan. Prediksi jam 07.00 Wit jenazah sampai di Ternate. Kami turut berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya Khalisa,'' pungkasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana Editor: Eben Haezer Panca Ikuti kami di Beredar Video Syur Disebut Mirip Dirinya, Aura Kasih: Heboh pada WA Gue, Sok Atuh Dicek Sumber: Google News | Liputan 24 Ternate

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »