Jelang Raya Idul Fitri, Kawasan Belawan Dilanda Banjir Rob | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Jelang Raya Idul Fitri, Kawasan Belawan Dilanda Banjir Rob

Posted by On 3:03 AM

Jelang Raya Idul Fitri, Kawasan Belawan Dilanda Banjir Rob

Belawan â€" Alamak, saat menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H, malah nasib ironis dialami sejumlah warga Belawan dan sekitarnya.Pasalnya pemukiman mereka justru kedatangan tamu air pasang dari laut Belawan(banjir rob) tergenang hingga setinggi lutut orang dewasa, Kamis siang tadi (14/06/2018).

Sesuai amatan, kondisi banjir pasang air laut masuk ke pemukiman warga hingga ke jalan-jalan protokol.

Diantaranya terlihat merambah ke pusat kota jalan Sumatera Kota Belawan, hingga menenggelamkan lutut orang dewasa. Menyisiri di jalan pedalaman warga Belawan seperti tampak diKelurahan Belawan Bahagia, Belawan I, dan kelurahan Bagan Deli juga tampak demikian parahnya.

Begitu juga jalan di Young Panah Hijau Lingkungan 7 Kelurahan Labuha Deli Kecamatan Medan Marelan jalanan sudah menganak sungai sulit dilalui kenderaan bermotor.serta bus angkot.

“Dijalan besar saja airnya sudah meluap kemana-mana, ini sudah tidak asing lagi terjadi di Belawan, hendaknya pemerintah setempat memperhatikan hal yang urgent ini, mana mau lebaran?, harusnya ada solusi dari terjadinya pasang air laut ini, bagaimana pula yang di jalan- jalan setiap kelurahan, saya lihat airnya hingga ke lutut kaki kita” kata Hamzah (40) salah seorang pengguna jalan.

Diduga karena pembangunan infrastruktur Kota Belawan, khususnya penimbunan laut(reklamasi) yang dilaksanakan PT Pelindo I (persero), ini sebabkan banjir rob terjadi di wilayah perairan Belawan.

“Kita menduga bahwa air pasang ini(rob) naik ke permukaan, dikarenakan pembangunan teluk reklamasi yang dibangun oleh PT Pelindo, dahulu kala zaman nenek moyang kami, air pasang tak seperti ini, yang dapat menyebabkan banjir dan serasa menenggelamkan kota Belawan, saya rasa cepat sekali perubahan iklim air tersebut,” ujar Tokoh masyarakat Belawan Joni Pranata. (Gus/Blw).

Sumber: Google News | Liputan 24 Labuha

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »