Inilah Rincian Kouta Maba Melalui SBMPTN 2018 di Unnes dan UIN ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Inilah Rincian Kouta Maba Melalui SBMPTN 2018 di Unnes dan UIN ...

Posted by On 1:16 PM

Inilah Rincian Kouta Maba Melalui SBMPTN 2018 di Unnes dan UIN ...

Inilah Rincian Kouta Maba Melalui SBMPTN 2018 di Unnes dan UIN Walisongo Semarang

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 42 Semarang, Prof Dr Rustono menyampaikan, ada 4 PTN di bawah koordinasi Panlok 42 Semarang

Inilah Rincian Kouta Maba Melalui SBMPTN 2018 di Unnes dan UIN Walisongo Semarangtribunjateng/dokFOTO DOKUMEN pelaksanaan SBMPTN di Kota Semarang

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berapakah kouta atau daya tampung yang disediakan tiap perguruan tinggi negeri (PTN) penyelenggara jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Tahun 2018 ini?

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 42 Semarang, Pro f Dr Rustono menyampaikan, ada 4 PTN di bawah koordinasi Panlok 42 Semarang dalam penyelenggaraan SBMPTN 2018 ini.

Yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, dan Sub Panlok 42 Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

“Tiap PTN tersebut, masing-masing memiliki kouta sendiri. Namun dalam penentuan besaran atau jumlah daya tampungnya sudah ditentukan Panitia Pusat SBMPTN, dimana tahun ini ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (25/4/2018).

Sebagai informasi, lanjutnya, rata-rata di tiap PTN, tidak hanya yang ada di Panlok 42 Semarang, tetapi di seluruh Indonesia yang jumlahnya ada sekitar 85 PTN, daya tampung yang disediakan melalui jalur SBMPTN mulai dari 30 persen hingga 40 persen.

“Sebagai contoh di tempat kami, Unnes. Daya tampung yang kami sediakan hanya sekitar 2.828 mahasiswa baru. Itu dari 3 kelompok ujian yakni melalui peserta ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), serta Campuran,” ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik Unnes itu.

Dia kembali memaparkan, daya tampung tersebut kemudian dibagi-bagi ke beberapa prodi yang ada di Unnes.

Untuk jalur SBMPTN 2018, total ada 66 program studi (prodi) di 8 fakultas yang dibuka. Dimana jumlah daya tampung di tiap prodi pun bervariasi.

“Tetapi yang terbanyak untuk koutanya ada di Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dan Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan masing-masing sebanyak 160 kursi. Posisi terbanyak berikutnya adalah Prodi Manajemen serta Akuntansi masing-masing 96 kursi,” terangnya.

Lalu untuk UIN Walisongo, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Walisongo Semarang Dr Musahadi menyampaikan, daya tampung yang disediakan melalui Jalur SBMPTN 2018 ini sebanyak 337 mahasiswa baru.

“Itu nantinya akan dibagi-bagi ke 11 prodi di 8 fakultas yang ada di UIN Walisongo Semarang. Da n bisa saja koutanya ditambah, nanti melihat jumlah peserta yang telah lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018, berapa yang registrasi ulang,” tuturnya.

Menurutnya, dan hal serupa tidak menutup kemungkinan juga bakal dilakukan seluruh PTN penyelenggara SBMPTN, ketika ternyata peserta lolos SNMPTN 20188 tidak melakukan registrasi atau daftar ulang pada 8 Mei 2018 mendatang.

“Sehingga dari sisa daya tampung 30 persen di SNMPTN akan dipenuhi di SBMPTN tersebut. Adapun untuk jumlahnya, nanti akan ditentukan dan dikeluarkan resmi melalui Surat Keputusan (SK) rektor serta diketahui Panitia Pusat SBMPTN 2018,” jelasnya yang juga diamini Rustono. (*)

Penulis: deni setiawan Editor: galih permadi Sumber: Tribun Jateng Iku ti kami di Istri Sah Ciduk Suaminya dengan Pelakor di Kamar Kos, Pelakor Malah Ngamuk, Jambak hingga Mencakar Sumber: Google News | Liputan 24 Maba

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »