GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate

Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate

Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate Just For Kids Senin, 9 April 2018 - 19:45 WIBloading... Festival Legu Gam digelar bertepatan dengan perayaan ulang tahun alm…

Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate

Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate

Just For Kids

loading...
Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate
Festival Legu Gam digelar bertepatan dengan perayaan ulang tahun almarhum Sultan Ternate, Mudhafar Sjah. FOTO/legugam.blogspot.co.id
A+ A- FESTIVAL Legu Gam diselenggarakan setiap bulan April, bertepatan dengan perayaan ulang tahun almarhum Sultan Ternate, Mudhafar Sjah. Festival ini bahkan menjadi daya tarik para wisatawan manca negara. Seperti apa, ya, kemeriahannya?
Kalian harus bangga, ya, Kids. Indonesia sangat kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Salah satunya adalah Festival Legu Gam yang rutin dilaksana kan setiap tahun di kota Ternate, Maluku Utara. Festival tersebut sebagai ajang mempromosikan kekayaan alam dan budaya Kesultanan Ternate serta 3 kesultanan lain yang berada di wilayah Provinsi Maluku Utara (Kesultanan Tidore, Kesultanan Jailolo, dan Kesultanan Bacan).
Hal Menarik
Hal yang paling menarik dari festival ini adalah pertunjukan Tari Legu, jenis tarian kerajaan. Uniknya, tarian tersebut tidak boleh dipertunjukkan sembarangan, Kids. Tari Legu baru boleh dipentaskan setelah Sultan selesai melakukan 3 acara penting, yaitu Doru Gam, Kololi Kie, dan Fere Kie.
Doru Gam adalah dimana Sultan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Kololi Kie merupakan prosesi Sultan berlayar mengelilingi Gunung Gamalama dengan kapal. Sedangkan Fere Kie adalah ritual saat Sultan mendaki Gunung Gamalama.
Lalu apa sebenarnya tujuan digelarnya Festival Legu Gam ya Kids? Simak ulasan selengkapnya di Majalah Just for Kids Edisi 9/VIII/2018 yang terbit Apr il ini. Buruan beli Majalah Just for Kids, jangan sampai kehabisan.
Belajar Kerukunan dari Festival Legu Gam di Ternate(amm)Sumber: Google News | Liputan 24 Ternate

No comments