Indahnya Air Terjun Nakamura, Jadi Lokasi Persembunyian Tentara ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Indahnya Air Terjun Nakamura, Jadi Lokasi Persembunyian Tentara ...

Posted by On 12:15 PM

Indahnya Air Terjun Nakamura, Jadi Lokasi Persembunyian Tentara ...

SPORTOURISM â€" Air Terjun Nakamura indah ini lokasinya di kawasan hutan dan perbukitan. Sudah bisa dibayangkan bagaimana sejuknya udara serta panorama alam yang bakal memanjakan mata. Letaknya berada di Desa Dehegia, sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan roda empat dari Daruba, Morotai.

Penamaan Nakamura karena penduduk setempat yakin di sinilah Teruo Nakamura, prajurit Jepang yang menolak menyerah kepada sekutu, bersembunyi selama 30 tahun. Nakamura ditangkap penduduk dan prajurit TNI tahun 1974, dan dipulangkan ke Jepang.

Penduduk memberi nama Air Terjun Nakamura untuk mengenang prajurit Jepang yang berasal dari Taiwan itu. Air terjun dialiri Sungai Kokota, yang tidak pernah kering sepanjang musim. Air terjun tidak terlalu besar dan deras, tapi indah.

Air terjun menerpa bebatuan dan turun melewati bebatuan lain di bawahnya. Tidak ingin sekad ar menikmati keindahannya, pengunjung melepas pakaian dan mandi. Di atas air terjun terdapat Bukit 40. Generasi tua Desa Dehegia mengatakan Bukit 40 adalah nama yang diberikan Jepang.

Bukit itu adalah benteng pertahanan Jepang, dan 40 adalah nomor terakhir benteng. Saat menguasai Pulau Morotai, Jepang membangun 40 benteng di bukit-bukit untuk mengantisipasi serangan sekutu. Tidak jauh dari Bukit 40 terdapat padang rumput dengan sedikit semak belukar.

Penduduk menyebutnya helipad, atau tempat pendaratan helikopter. Dari Bukit 40 pengunjung bisa menyapu pandang Samudera Pasifik. Jepang juga menjadikan tempat ini untuk mengidentifikasi kedatangan sekutu.

Sumber: Google News | Liputan 24 Daruba

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »