Ali Ibrahim Launching 'Gerakan Indonesia Sadar Administrasi ... | Liputan 24 Maluku Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ali Ibrahim Launching 'Gerakan Indonesia Sadar Administrasi ...

Posted by On 12:14 PM

Ali Ibrahim Launching 'Gerakan Indonesia Sadar Administrasi ...

Abadikini.com, TIDORE â€" Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim disela-sela acara Car Free Day melaunching GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) Kota Tidore Kepulauan Minggu (25/3) bertempat di Pantai Tugulufa.

Dalam sambutannya Ali Ibrahim berharap warga masyarakat dapat termotivasi dan memberikan kesadaran untuk memiliki administrasi kependudukan serta menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk segera memiliki Dokumen Administrasi Kependudukan.

Aksi GISA sendiri secara nasional telah dilaunchingkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada tanggal 6 februari 2018 lalu dan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 47 0/837/SJ tentang GISA yang bertujuan membangun kesadaran masyarakat atas empat kepentingan, yaitu : Pertama. pentingnya Dokumen Kependudukan. Kedua, Pentingnya Pemanfaatan Data Kependudukan. Ketiga, Pentingnya Pemutakhiran Data Kependudukan dan Keempat, Pentingnya Pelayanan Administrasi Kependudukan yang membahagiakan rakyat.

Administrasi kependudukan adalah bukti otentik atas keberadaan serta pengakuan seseorang sebagai anggota masyarakat terlebih lagi menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki dalam setiap pengurusan dan kepentingan terutama menjelang momentum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara Tahun 2018 dan Pilpres 2019 mendatang.

Untuk diketahui Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan berbagai pembaharuan inovasi pelayanan bagi Masyarakat untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki Dokumen Administrasi Kependudukan, dalam bentuk kegiatan :

1. GEM ASDUK (Gerakan sadar Dokumen Administrasi Kependudukan), dengan menurunkan tim pada setiap Desa/Kelurahan untuk melakukan Pelayanan Administrasi Kependudukan;

2. JEBOL (Jemput Bola) Pengurusan Akte Keliling;

3. Mobile KTP-elektronik school (melakukan perekaman bagi anak Usia Pemula di Lembaga Pendidikan);

4. Undangan Lahir (Pemberian akte lahir langsung kepada orang tua bayi yang baru melahirkan)

; 5. Final (Pelayanan Terpadu Sidang Isbath Nikah melalui Sidang Keliling);

6. Program Pelayanan One For Three (satu berkas satu dokumen);

7. Aksi SOPERETAK ADUK (Sosialisasi, Pendataan, Perekaman dan Cetak Administrasi Kependudukan) pada masyarakat Suku Terasing ‘Tobelo Dalam’ di kawasan Hutan Taman Nasional Aketajawi Lolobata, Desa Koli Kecamatan Oba â€" Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan peninjauan Pondok GISA di Pantai Tugulufa yang diperuntukkan untuk melayani perekaman data kependudukan dan dilan jutkan dengan aksi Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim test urine bersama dengan kepala-kepala OPD Kota Tidore Kepulauan di Mobil Pelayanan BNN yang setiap minggu pula hadir di Car Free Day pantai Tugulufa untuk melayani masyarakat yang hendak test urine.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ibu Wakil Ketua Penggerak PKK, Sekretaris Daerah bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Tidore Kepulauan. (ak/beng)

  • 3Shares
Sumber: Google News | Liputan 24 Tidore Kepulauan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »